Tahukah Anda kenapa urtikaria Alergi dingin bisa dialami sesorang?

Memang urtika atau gatal-gatal karena dingin bukan masalahn kesehatan yang berat dan berbahaya, sebagaimana berat atau berbahayanya stroke atau serangan jantung, tetapi meskipun begitu bagi sebagian penderita kelainan ini sering merepotkan dan tidak mudah untuk mengatasinya. Berdasarkan laporan penelitian yang berjudul” Cold Urticaria, Immunodeficiency, and Autoimmunity Related to PLCG2Deletions” di NEJM maka salah satu faktor biang keladi terjadinya gejala gatal dan bentol-bentol apabila terkena udara atau cuaca dingin (urtikaria karena dingin) sudah diketemukan. Adalah gen  PLOG2 yang mengalami mutasi”delesi” yang menyebabkan sesorang mudah mengalami urtikaria karena dingin.

Kesejukan

keindahan

Urtika karena dingin merupakan salah satu bentuk kelainan inflamasi yang khas, dicirikan dengan adanya degranulasi sel mas yang dipicu adanya paparan dingin dan kemudian berakhir dengan reaksi anafilaksis. Variasi manifestasi klinik penderita urtika oleh karena alergi dingindipengaruhi oleh banyak faktor antara lain faktor keturunan 9genetik), lama sakit dan kepekaan terhadap dingin.  Sudah lama sel mast diketahui sebagai sel yang bertanggung jawab terhadap adanya reaksi inflamasi akibat paparan dingin tetapi pengetahuan mengapa sel mast pada penderita urtika karena dingin  (alergi dingin) lebih aktif dan mengapa pada kelompok masyarakat normal lainnya sel mastnya kurang begitu reaktif belum diketahui dengan jelas. Dari hasil penelitian ini akhirnya bahwa aktivitas sel mas dikendalikan oleh salah satu gen yaitu gen PLGO2. Wah menarikkan! Anda berminat menyumbang hasil temuan? ayo meneliti agar bisa andil menyumbang ilmu baru. Berita selengkapnya tentang laporan penelitian ini silakan di buka pada www.nejm.com.

admn:Akrom

 

This entry was posted in Berita, Info Penyakit and tagged on by .

About akrom

Lahir di salah satu desa di kota terkecil "Pati" (menurut kepala sekolah waktu SD) pada tahun 1967, maklum karena waktu itu ditemapat saya belum musimnya menggunakan akte kelahiran untuk bukti pencantuman tanggal lahir siswa diijazah, sehingga tanggal lahir sesuai belas kasihan kepala sekolah yang mengeluarkan ijazah SD saya. Sekolah di SMPN1 Winong, sekolah unggulan di kota kecamatan Winong waktu itu. Setelah lulus SMP melanjutkan di SMA1 N Pati, juga salah satu sekolah SMA terfaforit di kota Pati. Akhirnya kuliahnya tersangkut UMPTN di Farmasi UGM, kesasar di KIMIA Mipa UGM dua tahun dan berakhir di Fakultas Kedokteran UGM. Sudah berkeluarga, dengan enam keturunan, hanya saja salah satunya sudah diminta kembali oleh Sang Maha Kuasa, bair jadi tabungan kami kelak, semoga. Istri juga seorang dokter, yang sangat rajin ngoyak-ngoyak anak-anak untuk belajar sambil praktek di rumah. Baik saya maupun istri, pernah kerja di di beberapa RS tetapi kemudian kami berdua meneguhkan diri di lembaga pendidikan untuk mengabdikan ilmu di pendidikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *